[mk_padding_divider]
[mk_fancy_title size=”25″ line_height=”81″ font_style=”normal” txt_transform=”uppercase” margin_bottom=”-10″ font_family=”none”]TENTANG[/mk_fancy_title][mk_fancy_title size=”44″ font_style=”normal” txt_transform=”uppercase” margin_top=”” font_family=”none”]BERLIAN[/mk_fancy_title]

Sesuai dengan standar internasional, 4C (Cut, Color, Clarity, Carat) merupakan aspek terpenting dalam penilaian berlian. Namun dari keempatnya, Color (warna) dan Clarity (karakteristik) merupakan hal yang paling utama dalam menilai berlian.

4C pertama kali diciptakan oleh GIA (Gemological Institute of America) dan hingga saat ini menjadi acuan penilaian berlian di seluruh dunia.

GIA juga merupakan lembaga dan laboratori non profit yang memiliki kredibilitas terbaik di dunia.

Setiap berlian yang dinilai oleh GIA sudah sesuai dengan kualitas yang dimiliki berlian tersebut.

[mk_padding_divider][mk_fancy_title size=”25″ font_style=”normal” txt_transform=”uppercase” font_family=”none”]MENILAI BERLIAN[/mk_fancy_title]

Cut

CUT, Potongan suatu berlian merupakan kontribusi manusia untuk menentukan kilau berlian. Potongan berlian bergantung pada proporsi, polesan, dan simetrinya. Berlian dipotong sedemikian rupa sehingga muncul keindahan kilau berlian dalam kombinasi kecemerlangan/ pantulan cahaya putih (brightness), pantulan warna pelangi (fire), dan kilau (scintillation).

Berlian memiliki gaya bentuk dan potongan, yang paling populer adalah bentuk Round Brilliant (bulat). Bentuk yang lain adalah Oval, Marquise, Pear, Heart, Emerald, Princess, dan Radiant.

COLOR

COLOR, merupakan tingkat transparansi pada berlian. D merupakan tingkat transparansi berlian paling tinggi dan Z adalah tingkat transparansi berlian paling rendah. Warna semu kecoklatan atau kekuningan bisa terlihat pada berlian dengan kualitas transparansi rendah. Berlian dengan transparansi tinggi jarang ditemukan, sehingga berlian ini termasuk berlian yang langka.

CLARITY

CLARITY, adalah karakteristik yang terdapat pada berlian baik di bagian dalam maupun luar berlian. Semakin sedikit karakteristik yang terdapat pada berlian maka akan semakin tinggi nilai berlian tersebut. Berlian dengan grade Flawless adalah berlian tanpa karakteristik, sehingga berlian ini masuk dalam kategori berlian yang langka

CARAT

CARAT, merupakan unit berat standar untuk berlian dan batu berharga lainnya. Satu carat memiliki berat 0.200 gram, dan dibagi dalam 100 poin, seperti sen dalam dollar..